مَنْظُومَةُ الْقَواعِدِ الْفِقْهِيَّةِ
لِلْعَلَّامَةِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ السَّعْدِيِّ رَحِمَهُ اللهُ
Syaikh al-Allamah Abdurrrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah
******
الـحَـمْــدُ لِلَّـــهِ العَـــلِيِّ الأَرْفَــقِ … وجَــامِــعِ الأَشْـيــاءِ وَالـمُـفَــرِّقِ
Segala puji bagi Allah yang Maha Tinggi dan Maha Lembut… Pengumpul dan Pemisah segala sesuatu
ذِي النِّـعَـمِ الوَاسِعَـةِ الْغَـزِيـــرَةْ … والـحِـكَــمِ البـَاهِــرَةِ الكَـثِـيـــرَةْ
pemilik nikmat yang luas lagi melimpah serta hikmah yang bersinar lagi banyak
ثُــمَّ الصَّــلاةُ مـعْ سَــلامٍ دَائــِمِ … عَـلى الـرَّسُـولِ القُرَشِـيِّ الـخَاتـَمِ
kemudian semoga shalawat serta salam senantiasa atas Rasul penutup dari suku Quraisy
وَآلِــهِ وصَـحْــبِـــــهِ الأَبـْـــرارِ … الـحـَائِــزِي مَـراتِـبِ الفَــخَـــارِ
atas keluarganya, sahabatnya yang baik yang mencapai tingkatan membanggakan
اِعْلَـمْ هُـدِيـْتَ أَنَّ أَفـْضَـلَ الْمِنَـنْ … عِلْمٌ يُزِيـْلُ الشَّـكَّ عَنْـكَ وَالـدَّرَنْ
ketahuilah-semoga kamu diberi petunjuk-bahwa sebaik-baik anugerah adalah lmu yang menghilangkan keraguan dan keburukan
وَيَكْشِـفُ الـحَـقَّ لِـذِي القُــلُـوبِ … وَيُوصِـلُ العَبْـدَ إِلـى الـمَطْلُـــوْبِ
serta menyingkap kebenaran bagi pemilik hati dan mengantarkan hamba kepada yang dicari
فَاحْـرِصْ عـلى فَهْمِـكَ لِلْقَوَاعِـدِ … جَـامِـعَـةِ الـمَسَــائِــلِ الشَّــــوَارِدِ
Maka bersemangatlah dalam mempelajari kaidah-kaidah (fiqh), yang dapat mengumpulkan banyak masalah yang tidak menyatu
فَتَرْتَقِي في العِلْـمِ خَيْـرَ مُرتَـقَــى … وتَقْتَفِـي سُبْـلَ الَّـذِي قَــدْ وُفِّقَــا
Pelajarilah ilmu secara bertahap.. dan ikutilah jalan orang yang benar
وَهَــذِهِ قَـواعِـــدٌ نَـظَـمْـتُـهـَــا … مِنْ كُتْبِ أَهْلِ الْعِلْمِ قَـدْ حَصَّلْتُهَـا
ini adalah kaidah-kaidah yang aku susun dari kitab-kitab ahli ilmu
جَـزاهُـمُ الـمَــوْلَى عَـظِيـمَ الأَجْــرِ … وَالْعَـفْــوَ مَــعْ غُفْـرَانِــهِ وَالْبِــرِّ
Semoga Allah membalas mereka dengan pahala yang besar serta ampunan dan kebaikan-Nya
النِّـيَّةُ شَــرْطٌ لِـسَـائِــرِ الْعَـمَـــلْ … بـِهَــا الصَّـلاحُ وَالفَسَــادُ لِلْعَـمَـلْ
Niat adalah syarat bagi semua amal.. Niat lah penentu baik dan rusak nya amal
الدِّيــنُ مَـبْـنِــيٌّ عَـلَى الـمَصَـالِــحِ … فـي جَـلْبِـهَـا وَالـدَّرْءِ لِلْقَبـَائِــحِ
Agama ini dibangun atas pengambilan maslahah dan penolakan mafsadah
فَـإِنْ تَــزاحَــمْ عَـدَدُ الـمَصـالِــحِ … يُـقَــدَّمُ الأَعْــلَى مِـنَ الـمَصَــالِــحِ
Apabila beberapa maslahat berbenturan, maka didahulukan yang paling utama maslahatnya
وَضِـدُّهُ تَـزاحُـمُ الـمَــفَــاسِـــدِ … يُـرْتَـكَـبُ الأَدْنَـى مِـنَ الـمَفَـاسِـدِ
Sebaliknya, Jika beberapa mafsadah bebenturan maka ambillah yang paling kecil kerusakannya
وَمِنْ قَــاعِـــدَةُ الشَّرِيْعَـــةِ التَّيْسِـيـْرُ … فـِي كُـلِّ أَمْــرٍ نَـابَــهُ تَـعْـسِـيْــرُ
Diantara kaidah syara’ kita adalah “memudahkan” pada setiap perkara yang terlihat sulit
وَلَـيْـسَ وَاجِــبٌ بِـلا اقْــتِــدَارِ … وَلاَ مُـحَـــرَّمٌ مَــعَ اضْــطِـــرَارِ
Bukan lah suatu kewajiban jika tiada kemampuan dan tidak ada yang diharamkan saat darurat
وَكُـلُّ مَـحْـظُــورٍ مَـعَ الضَّــرُورَهْ … بِقَــدْرِ مَــا تَـحْتَــاجُــهُ الضَّــرُوْرَهْ
Setiap yang dilarang saat keadaan darurat (diperbolehkan) sekedar memenuhi kebutuhan daruratnya saja
وَتَرْجِــعُ الْأَحْـكـَامُ لِـلْـيَـقِـيـْنِ … فَــلَا يُــزِيــلُ الشَّــكُّ لِلْيَـقِـيْــنِ
Hukum itu dikembalikan pada keyakinan maka keraguan tidak dapat menghilangkan keyakinan
وَالْأَصْـلُ فِي مِيـَاهِنَــا الطَّهَــارَهْ … وَالْأَرْضِ وَالثِّيـابِ وَالْـحِـجَــارَهْ
Hukum asal air, tanah, pakaian, dan batu adalah suci
وَالْأَصْـلُ فِي الأَبْضاعِ وَاللُّحُـومِ … وَالنَّفْـسِ وَالْأَمْــوالِ لِلْمَعْـصُــومِ
Hukum asal jima’, daging, jiwa, dan harta bagi seorang muslim itu:
تَـحْرِيـمُـهـَا حَتَّـى يَـجِــيءَ الـحِــلُّ … فَـافْـهَـمْ هَـداكَ اللهُ مَــا يُـمَــلُّ
Hukumnya haram sampai datang yang menghalalkannya.. Maka pahamilah.. Semoga Allah memberimu petunjuk pada apa yang diharapkan..
وَالْأَصْـلُ فِي عَـادَاتِنَــا الْإِبَـاحَـهْ … حَتَّـى يـَجِــيءَ صَــارِفُ الْإِبـَاحَـهْ
Hukum asal adat istiadat adalah mubah sampai datang dalil yang merubah hukum mubahnya
وَلَيْـسَ مَشْـرُوعًـا مِـنَ الأُمُــوْرِ … غَيْـرُ الَّـذِي فِي شَـرْعِنَـا مَـذْكُــوْرِ
Setiap perkara yang dalam syariat tidak disebutkan maka tidak disyariatkan
وَسَـائِــلُ الْأُمـُوْرِ كَـالْـمَقـَاصِــدِ … وَاحْكُـمْ بِـهَـذَا الـحُـكْـمِ لِلـزَّوَائِــدِ
Hukum wasilah / jalan menuju sesuatu itu seperti hukum tujuannya.. Ambillah hukum ini untuk tambahan..
وَالـخَـطَـأْ والإِكْـرَاهُ وَالـنِّـسْـيَــانُ … أَسْقَـطَـهُ مَعْبُــودُنَــا الـرَّحْـمَــنُ
Salah, terpaksa, dan lupa itu dimaafkan oleh rabb yang kita sembah, Ar Rahman
لَكِـنْ مَـعَ الإِتْلَافِ يَثْبُـتُ الْبَـدَلْ … وَيَنْتَفِــي التَّـأْثِيـمُ عَنْـهُ وَالـزَّلَــلْ
akan tetapi jika disertai pelanggaran (hak manusia), ia wajib menggantinya dan berguguran lah dosa dan kesalahan
وَمِنْ مَسـائِـلِ الْأَحْكَــامِ فِي التَّبَـعْ … يَـثْـبُـتُ لا إِذَا اسْتَـقَــلَّ فَـوَقَــعْ
Diantara hukum hukum fiqih adalah taba’[1], ia bisa tetap hukumnya (jika diikutkan dengan yang lain), meski hal itu tidak bisa ditetapkan bila berdiri sendiri
وَالْعُــرْفُ مَـعْـمُــولٌ بِـهِ إِذَا وَرَدْ … حُكْمٌ مِنَ الشَّـرْعِ الشَّرِيْفِ لَـمْ يُـحَـدْ
Urf (kebiasaan setempat) itu (boleh) dipergunakan jika terdapat hukum syariat yang tidak dibatasi
مُعـَاجِـلُ الـمَحْـظــُورِ قَـبْـلَ آنِــهِ … قَـدْ بَـاءَ بِالـخُسْـرانِ مَـعْ حِـرْمـَانِـهِ
Orang yang menyegerakan hal yang dilarang sebelum waktunya itu sungguh memperoleh kerugian serta keharamannya
وَإِنْ أَتَى التَّحْرِيْـمُ فِي نَفْسِ الْعَمَـلْ … أَوْ شَـرْطِــهِ فَـذُو فَسَـادٍ وَخَـلَـلْ
Jika datang pengharaman (syariat) pada suatu amal atau pada syarat nya maka amal itu (pada hakikatnya) rusak dan tercela
وَمُتْـلِـفٌ مُـؤْذِيـهِ لَيْـسَ يَضْمَــنُ … بَعْـدَ الدِّفـاعِ بِالَّتِـي هِـيَ أَحْسَـنُ
Orang yang merusak sesuatu yg mengganggunya, tidaklah menanggung akibatnya, jika ia telah berusaha menolaknya dengan cara yg lebih bijaksana
وَ(أَلْ) تُفِيـْدُ الْكُـلَّ فـِي الْعُـمُــومِ … فِي الجَمْــعِ وَالإِفْــرَادِ كَالْعَــلِيـْمِ
dan (أَلْ) pada jamak dan mufrad itu memberi faidah keumuman pada segala hal
وَالنَّـكِـرَاتُ فـِي سِـيَـاقِ النَّـفْــيِ … تُعْطِـي الْعُمُومَ أَوْ سِيـَاقِ النَّهْــيِ
Dan juga nakirah pada kalimat peniadaan dan larangan memberikan makna umum
كَذاكَ (مَـنْ) وَ(مَـا) تُفِيـْدَانِ مَعَـا … كُلَّ الْعُمُـوْمِ يَـا أُخَــيَّ فَاسْـمَـعَــا
Begitupula kata (مَـنْ) (siapa) dan (مَـا) (siapa), keduanya memberikan makna umum wahai saudaraku.. maka dengarkanlah..
وَمِثْـلُـــهُ الـمـُفْـــرَدُ إِذْ يُـضَـــافُ … فَافْهَـمْ هُدِيْتَ الرُّشْـدَ مَا يُضَــافُ
dan contoh lainnya, kata mufrad jika diidhafahkan.. maka pahamilah semoga kamu diberi petunjuk
وَلا يَتِــمُّ الـحُكْــمُ حَتَّـى تَـجْتَمِــعْ … كُلُّ الشُّـرُوطِ وَالـمَـوانِـعْ تَـرْتَـفِــعْ
Tidak sempurna suatu hukum sampai terpenuhi semua syarat nya dan hilang semua mawani’ (pencegah) nya
وَمَـنْ أَتَى بِـمَـا عَـلَيْـهِ مِـنْ عَمَــلْ … قَـدِ اسْتَحَـقَّ مَـالَـهُ عَـلَى الْعَـمَــلْ
Orang yang memenuhi syarat dari suatu amal, maka ia berhak mendapatkan balasan (pahala) nya
وَيُفْعَــلُ الْبَعْــضُ مِــنْ الـمَـأْمُـورِ … إِنْ شَــقَّ فِعْــلُ سَــائِـرِ الـمَـأْمُــورِ
Dan dikerjakan sebagian dari perkara yang diperintahkan
Jika kesulitan mengerjakan seluruh perkara yang diperintahkan
وَكُــلُّ مَــا نَشَــا عَــنِ الـمـَـأْذُونِ … فَــذَاكَ أَمْــرٌ لَيْــسَ بِـالـمَضْـمُــونِ
Setiap perkara yang berasal dari hal yang diizinkan, maka kerugian pada perkara tersebut tidak mewajibkan mengganti
وَكُــلُّ حُكْـمٍ دَائِــرٍ مَــعْ عِلَّتِــهِ … وَهْـيَ الَّتِي قَـدْ أَوْجَبَـتْ لِشِـرْعَتِـهِ
Setiap hukum itu terkait dengan ‘illat yaitu sesuatu yang mewajibkan syariat suatu hukum
وُكُــلُّ شَــرْطٍ لَازِمٌ لِلْـعَــاقِـــدِ … فِي الْبَيْــعِ وَالنِّـكَـاحِ وَالـمْقَـاصِـــدِ
Setiap syarat yang diajukan oleh pembuat akad dalam jual-beli, pernikahan, dan tujuan lain itu wajib (dipenuhi)
إِلَّا شُـرُوطًــا حَـلَّلَـتْ مـُحـَـرَّمَــا … أَوْ عَكْسَــهُ فَبَـاطِـلاتٌ فَـاعْـلَـمَـا
Kecuali syarat-syarat yang menghalalkan apa yang haram dan kebalikan nya maka ketahuilah bahwa ini syarat yang bathil
تُسْتَعْمَــلُ الْقُـرْعَــةُ عِنْـدَ الـمُبْهَـمِ … مِـنَ الـحُقُــوقِ أَوْ لَـدَى التَّـزَاحُـمِ
Undian itu (boleh) digunakan ketika ada hak-hak yang samar atau banyaknya orang
وَإِنْ تَسَـاوَى الْعَمَــلانِ اجْتَمَعَــا … وَفِــعْــــلُ إِحْدَهُـمَـا فَـاسْـتَمِـعَـا
Jika ada dua amal sejenis yang berkumpul maka cukup sekali dilakukan.. perhatikanlah..
وَكُــلُّ مَشْغُــولٍ فَــلَا يُشَـغَّـــلُ … مِثـالُــهُ الـمَـرْهُــونُ وَالـمـُسَـبَّــلُ
Setiap hal yang sedang dalam proses tidak boleh diproses contohnya benda yang digadai atau diwakafkan
وَمَـنْ يُـؤَدِّ عَـنْ أَخِـيــْهِ وَاجِـبَــا … لَــهُ الـرُّجُـوعِ إِنْ نَـوَى يُـطَـالِبَــا
Orang yang memiliki kewajiban (hutang) dari saudaranya, maka ia wajib mengembalikkannya jika saudaranya berniat memintanya
وَالْـوَازِعُ الطَّبْعِـي عَـنِ الْعِصْيـَانِ … كَـالـوَازِعِ الشَّـرْعِـي بِـلَا نُـكْـرَانِ
Tidak ada yg mengingkari, bahwa dorongan tabiat untuk meninggalkan maksiat itu seperti dorongan syariat untuk meninggalkannya
وَالـحَـمْــدُ للـهِ عَـلـَى التَّـمَــامِ … فـِي الْـبَـدْءِ وَالـخِـتـَامِ وَالــدَّوَامِ
Segala puji bagi Allah di permulaan dan di penutupan serta setiap saat..
ثُـمَّ الصَّــلاةُ مَـعْ سَـلامٍ شَـائِــعِ … عَلَى النَّبِــي وَصَحْـبِــهِ وَالتَّـابِــعِ
Kemudian shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas Nabi, Sahabat, dan Tabi’in.
[1] taba’: sesuatu yg ada karena mengikuti keberadaan hal lain, bukan sesuatu yg berdiri sendiri.
Download:
atau atau mirroratau
Versi Maktabah ar-Razin: