الحمد لله رب العالمين، والعاقبة للمتقين، والصلاة والسلام على إمام المرسلين، نبينا محمد، وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد:
Salah satu matan ilmu yang terkenal adalah Muqoddimah al-Jazariyah dalam ilmu Tajwid yang dituliskan oleh penulis dalam bait-bait syair yang indah;
A. Penulis
Beliau adalah seorang ahli hadits, ahli qira’at dan tajwid sehingga disebut syaikhu al-Qurra’ wal Muhadditsin, yakni Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Aliy bin Yusuf bin al-Jazariy kemudian ad-Dimasqiy asy-Syafi’i (833-851 H), beliau digelari Syamsuddin.
B. Download eBook (untuk download klik gambar jenis filenya)
- Matan al-Jazariyah dalam bahasa Arab ,
- Matan al-Jazariyah dalam bahasa Arab , dalam catatan kaki diterangkan perbedaan lafazh yang sampai kepada kita,
- Terjemah Matan al-Jazariyah dalam bahasa Jawa menggunakan huruf Arab Melayu (Arab Pegon) ,
- Tahqiq Muqaddimah al-Jazariyah oleh Dr. Aiman Rusydi Suwaid -semoga Allah menjaganya- didalamnya disebutkan riwayat penulis, sanad Nazham sampai kepada pentahqiq dan hal lainnya dalam bahasa Arab ,
- Terjemah Matan al-Jazaiyah dalam bahasa Indonesia atau
- Terjemah Tafsiriyah Matan al-Jazariyah oleh Abu Erza al-Fadhli terbitan Lembaga Tarbiyah Islamiyyah dan Tajwid Online, versi ini bahasannya lebih luas
C. Tonton, dengarkan dan baca terjemah serta download video Muqaddimah al-Jazariyyah pada link ini
D. Versi baca online sebagai berikut:
مَنْظُومَة المُقَدِّمَة
مـحمد بن مـحمد بن مـحمد بن علي بن يوسف بن الـجزري رحمه الله تعالى
Imam Muhammad ibnul Jazariy رحمه الله
* * *
المقدمة
MUQODDIMAH NAZHAM
١- يَقُـولُ رَاجِــي عَـفْـوِ رَبٍّ سَـامِـعِ * مُـحَـمَّـدُ بْـنُ الْـجَـزَرِيِّ الشَّافِـعِـي
1. Berkata Muhammad Ibnul Jazary asy-Syafi’i yaitu seorang yang mengharapkan ampunan Allah, Rabb yang maha mendengar
٢- الْـحَـمْـدُ لـلَّـهِ وَصَـلَّـى الـلَّــهُ * عَـلَــى نَـبِـيِّــهِ وَمُـصْـطَـفَـاهُ
2. Segala puji bagi Allah Ta’ala, dan semoga shalawat-Nya tercurah kepada Nabi-Nya dan pilihan-Nya
٣- مُـحَـمَّـدٍ وَآلِــهِ وَصَـحْـبِــهِ * وَمُـقْـرِئِ الْـقُـرْآنِ مَــعْ مُـحِـبِّـهِ
3. Yaitu Muhammad, keluarganya, shahabatnya, yang mengajarkan Al-Quran serta orang yang mencintainya
٤- وَبَـعْــدُ إِنَّ هَـــذِهِ مُـقَـدِّمَــهْ * فِيـمَـا عَـلَـى قَـارِئِـهِ أَنْ يَعْـلَـمَـهْ
4. Setelah itu, bahwa nazham ini adalah Muqoddimah yang mesti diketahui bagi orang yang hendak mempelajari Al-Quran
٥- إذْ وَاجِــبٌ عَلَـيْـهِـمُ مُـحَـتَّــمُ * قَـبْـلَ الـشُّـرُوعِ أَوَّلاً أَنْ يَعْـلَـمُـوا
5. Karena bagi mereka yang hendak membaca mempelajari Al Quran wajib mengetahui, Pertama:
٦- مَـخَـارِجَ الْـحُـرُوفِ وَالـصِّـفَـاتِ * لِيَلْـفِـظُـوا بِـأَفْـصَـحِ الـلُّـغَــاتِ
6. Makhraj setiap huruf beserta sifatnya, agar dapat mengucapkannya dengan bahasa yang paling fasih
٧- مُـحَـرِّرِي التَّـجْـوِيـدِ وَالـمَـوَاقِـفِ * وَمَـا الَّـذِي رُسِّـمَ فِـي الـمَصَـاحِـفِ
7. Untuk mengetahui Tajwid yang telah di-tahqiq Waqof dan Ibtida, dan apa yang telah dituliskan dalam Mushaf Utsmani
٨- مِـنْ كُـلِّ مَقْطُـوعٍ وَمَوْصُولٍ بِـهَـا * وَتَـاءِ أُنْثَـى لَـمْ تَكُـنْ تُكْـتَـبْ بِــ:هَـا
8. Yaitu dari setiap lafaz yang dipisah, disambung dan huruf Ta Ta’nis yang tidak ditulis dengan Ta Marbuthah
باب مـخارج الـحروف
BAB MAKHRAJ HURUF
٩- مـَخَـارِجُ الـحُـرُوفِ سَبْـعَـةَ عَـشَـرْ * عَلَـى الَّـذِي يـَخْتَـارُهُ مَــنِ اخْتَـبَـرْ
9. Makharijul Huruf ada tujuh belas tempat, ini menurut pendapat yang dipilih oleh jumhur ulama tajwid
١٠- فَأَلِـفُ الـجَـوْفِ وأُخْتَـاهَـا وَهِــي * حُــرُوفُ مَــدٍّ للْـهَـوَاءِ تَنْـتَـهِـي
10. Jauf (rongga dada): Makhrajnya huruf mad yaitu Alif dan dua saudaranya (Wawu dan Ya) itu keluar dari rongga dada sampai berakhirnya udara yang keluar dari mulut dan tenggorokan
١١- ثُـمَّ لأَقْصَـى الـحَـلْـقِ هَـمْـزٌ هَـاءُ * ثُــمَّ لِـوَسْـطِـهِ فَـعَـيْـنٌ حَـــاءُ
11. Kemudian yang paling ujung dari tenggorokan adalah mahrajnya Hamzah dan Ha, yang di tengah Ain dan ha,
١٢- أَدْنَــاهُ غَـيْـنٌ خَـاؤُهَـا والْـقَـافُ * أَقْصَـى اللِّسَـانِ فَـوْقُ ثُــمَّ الْـكَـافُ
12. yang paling bawah Ghain dan Kha, paling ujung (Aqsol Lisan) yaitu Qof dan Kaf, makhrajnya Kaf dibawah makhrajnya Qof
١٣- أَسْفَـلُ وَالْوَسْـطُ فَجِيـمُ الشِّـيـنُ يَـا * وَالـضَّـادُ مِــنْ حَافَـتِـهِ إِذْ وَلِـيَــا
13. Lisan bagian tengah yaitu makhrajnya huruf Jim, Syin dan huruf Ya, Lisan bagian pinggir (haffatul lisan), yaitu makhrajnya Dhadh dari pinggir lisan
١٤- لاضْرَاسَ مِـنْ أَيْـسَـرَ أَوْ يـُمْنَـاهَـا * وَالـــلاَّمُ أَدْنَــاهَــا لِمُنْـتَـهَـاهَـا
14. yang diikuti dengan gigi geraham baik kanan atau kiri. Makhrajnya huruf Lam itu dari pinggir lisan paling bawah, sampai akhir dari pinggir lisan itu
١٥- وَالنُّونُ مِـنْ طَرَفِـهِ تَحْـتُ اجْعَـلُـوا * وَالــرَّا يُدَانِـيـهِ لِظَـهْـرٍ أَدْخَـلُ
15. lisan bagian tepi (tharful lisan) yaitu makhrajnya huruf Nun dari tepi lisan dibawah makhrajnya huruf Lam, Huruf Ra makhrajnya berdekatan dengan huruf Nun, hanya dzohrul lisannya dimasukan sedikit
١٦- وَالطَّـاءُ وَالـدَّالُ وَتَـا مِـنْـهُ وَمِـنْ * عُلْيَـا الثَّنَـايَـا والصَّفِـيْـرُ مُسْتَـكِـنْ
16. Makhraj huruf Tha, huruf Dal dan huruf Ta itu dari tepi lisan beserta tempat tumbuhnya gigi depan atas, Dan huruf shafir (huruf Sha, Sin, dan Zai) keluar dari tepi lisan,
١٧- مِنْهُ وَمِـنْ فَـوْقِ الثَّنَـايَـا السُّفْـلَـى * وَالـظَّـاءُ وَالــذَّالُ وَثَــا لِلْعُـلْـيَـا
17. Sampai diatas tempat tumbuhnya gigi depan bawah serta diberii jarak sedikit antara tepi lisan dan tempat tumbuhnya gigi depan bawah. Huruf Zha, Dzal dan huruf Tsa itu keluar
١٨- مِـنْ طَرَفَيْهِمَـا وَمِـنْ بَـطْـنِ الشَّفَهْ * فَالْفَـا مَـعَ اطْـرافِ الثَّنَايَـا الـمُشْرِفَـهْ
18. dari tepi lisan beserta ujung gigi depan bagian atas. Dan huruf Fa makhrajnya dari bibir bagian dalam beserta ujung gigi depan bagian atas
١٩- لِلشَّفَتَـيْـنِ الْــوَاوُ بَــاءٌ مِـيْــمُ * وَغُـنَّــةٌ مَخْـرَجُـهَـا الخَـيْـشُـومُ
19. Kedua belah bibir adalah makhraj huruf Wawu, Ba dan Mim. Hidung adalah makhraj untuk Ghunnah
باب الصفات
BAB SIFAT-SIFAT HURUF
٢٠- صِفَاتُهَـا جَـهْـرٌ وَرِخْــوٌ مُسْتَـفِـلْ * مُنْفَـتِـحٌ مُصْمَـتَـةٌ وَالـضِّـدَّ قُـــلْ
20. Sifatnya adalah Jahr, Rakhawah, Istifal, Infitah, Ishmat. Dan lawan sifatnya katakanlah:
٢١- مَهْمُوسُهَـا فَحَثَّـهُ شَخْـصٌ سَـكَـتْ * شَدِيْدُهَـا لَفْـظُ أَجِــدْ قَــطٍ بَـكَـتْ
21. Sifat Hams pada huruf: Fa, ha, Tsa, Ha, Syin, Kha, Shad, Sin, Kaf, Ta. Sifat Syiddah pada: Hamzah, Jim, Dal, Qaf, Tha, Ba, Kaf, Ta
٢٢- وَبَيْـنَ رِخْـوٍ وَالشَّدِيـدِ لِـنْ عُمَـرْ * وَسَبْعُ عُلْوٍ خُصَّ ضَغْـطٍ قِـظْ حَصَـرْ
22. Diantara Rakhawah dan Syiddah hurufnya yaitu: Lam, Nun, ‘Ain, Mim, Ra, dan tujuh huruf Isti’la: Kha, Shad, Dhad, Ghain, Tha, Qaf, Zha
٢٣- وَصَـادُ ضَـادٌ طَـاءُ ظَـاءٌ مُطْبَـقَـهْ * وَ فَـرَّ مِـنْ لُـبِّ الـحُـرُوفُ الـمُذْلَقَـهْ
23. Huruf Shad, Dhad, Tha, Zha memiliki sifat Ithbaq dan huruf Fa, Ra, Mim, Nun, Lam, Ba, yang memiliki sifat Idzlaq
٢٤- صَفِيـرُهَـا صَــادٌ وَزَايٌ سِـيــنُ * قَلْقَـلَـةٌ قُـطْـبُ جَــدٍ وَالـلِّـيـنُ
24. Sifat Shafir pada huruf Shad, Zai, Sin. Qolqolah pada huruf Qaf, Tha, Ba, Jim, Dal dan sifat Layyin pada
٢٥- وَاوٌ وَيَـاءٌ سُكِّـنَـا وَانْـفَـتَـحَـا * قَبْلَهُـمَـا وَالانْـحِــرَافُ صُـحَّـحَـا
25. Huruf Wawu dan huruf Ya yang disukunkan yang sebelumnya fathah. Dan huruf Inhiraf menurut pendapat yang paling shahih
٢٦- فِـي اللاَّمِ وَالـرَّا وَبِتَكْرِيـرٍ جُـعِـلْ * وَللتَّفَشِّـي الشِّـيْـنُ ضَــادًا اسْتَـطِـلْ
26. Pada huruf Lam dan huruf Ra, dan huruf Ra adalah huruf takrir, Huruf Tafasyi adalah Syin, dan huruf Isthithalah adalah Dhad
باب التجويد
BAB TAJWID
٢٧- وَالأَخْـذُ بِالتَّـجْـوِيـدِ حَـتْــمٌ لازِمُ * مَــنْ لَــمْ يُـجَـوِّدِ الْـقُـرَانَ آثِــمُ
27. Mempelajari ilmu tajwid wajib, barangsiapa yang tidak mau memperbaiki bacaan Al-Quran maka dia berdosa
٢٨- لأَنَّــهُ بِـــهِ الإِلَـــهُ أَنْـــزَلاَ * وَهَـكَـذَا مِـنْـهُ إِلَـيْـنَـا وَصَـــلاَ
28. Karena Allah menurunkan Al-Quran dengan bacaan menggunakan tajwid, dan demikianlah dengan tajwid Al-Quran sampai kepada kita
٢٩- وَهُـوَ أَيْـضًـا حِـلْيَـةُ الـتِّـلاَوَةِ * وَزِيْــنَـــةُ الأَدَاءِ وَالْــقِـــرَاءَةِ
29. Dan dengan tajwid memperindah bacaan Al-Quran, Juga sebagai penghias dalam membacanya
٣٠- وَهْـوَ إِعْـطَـاءُ الْـحُـرُوفِ حَقَّـهَـا * مِــنْ صِـفَـةٍ لَـهَـا وَمُستَحَـقَّـهَـا
30. Dan dengan tajwid itu memberikan hak pada setiap huruf-hurufnya, dari sifat yang dimilikinya dan mustahaknya
٣١- وَرَدُّ كُـــلِّ وَاحِـــدٍ لأَصْـلِــهِ * وَاللَّـفْـظُ فِــي نَـظِـيْـرِهِ كَمِـثْـلـهِ
31. Dan mengembalikan setiap hurufnya kepada makhrajnya yang asli, dan lafazhnya apabila diulang bacaanya, maka diucapkan sebagaimana pengucapan awal
٣٢- مُكَمَّـلاً مِـنْ غَـيْـرِ مَــا تَكَـلُّـفِ * بِاللُّطْـفِ فِـي النُّطْـقِ بِــلاَ تَعَـسُّـفِ
32. Menyempurnakan bacaan tanpa terbebani, mengucapkannya dengan lembut tanpa berlebihan
٣٣-وَلَـيْـسَ بَـيْـنَـهُ وَبَـيْـنَ تَـرْكِـهِ * إِلاَّ رِيَـاضَــةُ امْـــرِئٍ بِـفَـكِّــهِ
33. Tidak ada perbedaan antara orang yang membaca dengan tajwid dan orang yang meninggalkannya kecuali seseorang yang melatih pengucapan dengan mulutnya
باب التفخيم والترقيق
BAB TAFKHIM DAN TARQIQ
٣٤- فَرَقِّـقَـنْ مُسْتَـفِـلاً مِـنْ أَحْــرُفِ * وَحَــاذِرَنْ تَفْخِـيـمَ لَـفْـظِ الأَلِــفِ
34. Tarrqiq-kanlah huruf-huruf istifal, hindarilah Tafkhim pada lafazh Alif
٣٥- كَهَـمْـزِ الْحَـمْـدِ أَعُــوذُ اهْـدِنَـا * الـلَّــهِ ثُـــمَّ لاَمِ لِـلَّــهِ لَــنَــا
35. Seperti pada huruf Hamzah, al-hamdu, ‘audzu, ihdina, Allahu, kemudian hindarilah membaca Tafkhim dari huruf Lam, sepertl lafazh Lana
٣٦- وَلْيَتَلَطَّـفْ وَعَلَـى الـلَّـهِ وَلاَ الـضْ * وَالْمِيـمِ مِـنْ مَخْمَصَـةٍ وَمِـنْ مَـرَضْ
36. Kemudian pada kalimat walyatallathaf, wa ‘alallahi, wa ladh, dan hindarilah membaca Tafkhim pada huruf Mim, seperti pada makhmashah dan pada maradh
٣٧- وَبَـاءِ بَــرْقٍ بَـاطِـلٍ بِـهِـمْ بِـذِي * وَاحْرِصْ عَلَـى الشِّـدَّةِ وَالجَهْـرِ الَّـذِي
37. Dan hindarilah membaca Tafkhim pada huruf Ba seperti pada Barqin, Bathil, Bihim, Bidzi. Dan jagalah bacaan Syiddah dan Jahr yang ada…
٣٨- فِيهَـا وَفِـي الْـجِيـمِ كَحُـبِّ الصَّـبْـرِ * رَبْــوَةٍ اجْتُـثَّـتْ وَحَــجِّ الْفَـجْـرِ
38. pada huruf Ba dan Jim, seperti pada hubbi, shabri, rabwah, ijtutsat, hajji, fajri
٣٩- وَبَـيِّـنَـنْ مُـقَـلْـقَـلاً إِنْ سَـكَنَـا * وَإِنْ يَكُـنْ فِـي الْوَقْـفِ كَــانَ أَبْيَـنَـا
39. Dan bacalah dengan jelas huruf-huruf Qalqalah apabila sukun, dan apabila Qalqalah dalam keadaan waqaf maka dibaca lebih jelas
٤٠- وَحَـاءِ حَصْحَـصَ أَحَـطـتُّ الْحَـقُّ * وَسِـيـنَ مُسْتَقِـيـمِ يَسْـطُـو يَسْـقُـو
40. Dan hindarilah membaca Tafkhim pada huruf ha pada hashhasha, ahattu, al-haqqu, dan hindarilah membaca Tafkhim pada huruf Sin pada mustaqim, yasthu, yasqu
باب الراءات
BAB HURUF RA’
٤١- وَرَقِّــقِ الــرَّاءَ إِذَا مَـا كُـسِـرَتْ * كَـذَاكَ بَعْـدَ الْكَسْـرِ حَيْـثُ سَكَـنَـتْ
41. Dan bacalah huruf Ra dengan Tarqiq apabila huruf Ra dikasrahkan, begitu pula setelah huruf yang dikasrahkan bertemu Ra yang disukunkan
٤٢- إِنْ لَـمْ تَكُـنْ مِنْ قَبْـلِ حَـرْفِ اسْتِعْـلاَ * أَوْ كَانَـتِ الكَسْـرَةُ لَيْـسَـتْ أَصْــلاَ
42. Apabila sebelum huruf Ra bukan huruf isti’la atau kasrahnya bukan kasrah asli
٤٣- وَالْـخُلْـفُ فِـي فِـرْقٍ لِكَسْـرٍ يُوجَـدُ * وَأَخْـــفِ تَـكْـرِيْـرًا إِذَا تُـشَــدَّدُ
43. Dan ada perselisihan pada lafazh Firqin apakah dibaca Tafkhim atau Tarqiq, karena adanya kasrah asli pada huruf sebelum Ra sukun, dan ringankanlah Takrir apabila Ra ditasydid
باب اللامات
BAB HURUF LAM
٤٤- وَفَخِّـمِ الــلاَّمَ مِــنِ اسْــمِ الـلَّـهِ * عَـنْ فَتْـحٍ اوْ ضَــمٍّ كَعَـبْـدُ الـلَّـهِ
44. Dan bacalah dengan Tafkhim huruf Lam dari nama Allah, jika huruf sebelumnya berharakat Fathah atau Dhammah, seperti pada lafazh Abdullah
٤٥- وَحَـرْفَ الاسْتِعْـلاَءِ فَخِّـمْ وَاخْصُصَـا * الاطْبَـاقَ أَقْـوَى نَحْـوُ قَـالَ وَالْعَـصَـا
45. Dan bacalah dengan Tafkhim huruf-huruf Isti’la, terlebih pada huruf-huruf Ithbaq lebih kuat seperti ada lafazh Qaala dan Asha’
٤٦- وَبَيِّـنِ الإِطْبَـاقَ مِـنْ أَحَـطـتُّ مَـعْ * بَسَطـتَّ وَالخُـلْـفُ بِنَخْلُقْـكُـمْ وَقَــعْ
46. Dan bacalah Ithbaq dengan jelas pada lafazh Ahattu, Basatta, dan perbedaan pendapat pada lafazh Nakhlukkum
٤٧- وَاحْرِصْ عَلَـى السُّكُـونِ فِـي جَعَلْنَـا * أَنْعَمْـتَ وَالمَغْضُـوبِ مَــعْ ضَلَلْـنَـا
47. Dan bacalah dengan jelas sukun pada lafazh Ja’alna, An’amta, Maghdhubi dan Dhalalnaa
٤٨- وَخَلِّصِ انْفِتَـاحَ مَـحْـذُورًا عَـسَـى * خَـوْفَ اشْتِبَاهِـهِ بِمَحْظُـورًا عَـصَـى
48. Dan murnikanlah Infitah pada lafazh Mahdzuran dan ‘Asaa, karena dikhawatirkan menyerupai bacaan pada lafazh mahzhuran dan Ashaa
٤٩- وَرَاعِ شِـــدَّةً بِــكَــافٍ وَبِـتَـا * كَشِـرْكِـكُـمْ وَتَـتَـوَفَّـى فِـتْـنَـتَـا
49. Dan jagalah bacaan Syiddah pada huruf Kaf dan huruf Ta, seperti pada lafazh Syirkikum, Tatawaffa dan Fitnataa
٥٠- وَأَوَّلَيْ مِـثْـلٍ وَجِـنْـسٍ إنْ سَـكَـنْ * أَدْغِـمْ كَـقُـلْ رَبِّ وَبَــلْ لاَ وَأَبِــنْ
50. Apabila huruf pertama sukun serupa dan sejenis, maka di idghamkan seperti pada lafazh Qur rabbi, balla, dan bacalah dengan jelas…
٥١- فِي يَوْمِ مَـعْ قَالُـوا وَهُـمْ وَقُـلْ نَعَـمْ * سَبِّـحْـهُ لاَ تُــزِغْ قُـلُـوبَ فَلْتَـقَـمْ
51. lafazh Fii yaumi, Qaalu WaHum, Qul Naam, Sabbihhu, Laa tuzigh Quluuba dan lltaqam
باب الضاد والظاء
BAB HURUF DHAD DAN ZHA
٥٢- وَالـضَّـادَ بِسْتِـطَـالَـةٍ وَمَـخْـرَجِ * مَيِّـزْ مِـنَ الـظَّـاءِ وَكُلُّـهَـا تَـجِـي
52. Huruf Dhad bedakanlah makhraj dan isthithalahnya dengan huruf Zhaa, dan semuanya terdapat dalam Al-Quran:
٥٣- فِي الظَّعْنِ ظِـلُّ الظُهْـرِ عُظْمُ الْحِفْـظِ * أيْقِـظْ وَأنْظِـرْ عَظْـمَ ظَـهْـرِ اللَّـفْـظِ
53. Dalam lafazh Zha’ni, Zhillu, Zhuhri, Uzhmul, Hifzhi, Aiqizh, Anzhir, Azhmi, Zhahri, Lafzhi
٥٤- ظَاهِـرْ لَظَـى شُـوَاظُ كَـظْـمٍ ظَلَمَـا * اُغْلُـظْ ظَـلامَ ظُفْـرٍ انْتَـظِـرْ ظَـمَـا
54. Zhahir, Lazha, Syuwazhu, Kazhmin, Zhalama, Ughluzh, Zhalama, Zhufri, Intazhir, Zhama
٥٥- أَظْفَـرَ ظَنًّـا كَيْـفَ جَـا وَعِـظْ سِوَى * عِضِيـنَ ظَـلَّ النَّحْـلِ زُخْـرُفٍ سَـوَى
55. Azhfara, Zhannan, Wai’zh, dan tidak termasuk lafazh Idhiina, Selanjutnya pada lafazh Zhalla dalam surat An Nahl dan surat az Zukhruf
٥٦- وَظَـلْـتَ ظَلْـتُـمْ وَبِـرُومٍ ظَـلُّـوا * كَالْحِـجْـرِ ظَـلَّـتْ شُـعَـرَا نَـظَـلُّ
56. Pada lafazh Zhalta, Zhaltum dan pada lafazh Zhallu yang terdapat pada surat Ar Ruum, juga terdapat pada surat Al Hijr, pada lafazh Zhallat dan pada lafazh Nazhallu yang terdapat dalam surat As Syuara
٥٧- يَظْلَلْـنَ مَحْـظُـورًا مَـعَ الـمُحْتَـظِـرِ * وَكُـنْـتَ فَـظًّـا وَجَمِـيْـعَ الـنَّـظَـرِ
57. Pada lafazh Yazhlalna, Mahzhuran, dan Muhtazhiri, pada lafazh Fazhan dan seluruh lafazh An Nazhari
٥٨- إِلاَّ بِـوَيْـلٌ هَـلْ وَأُولَـى نَـاضِـرَهْ * وَالْغَيْـظُ لاَ الرَّعْـدُ وَهُــودٌ قَـاصِـرَهْ
58. Kecuali pada surat Al Muthafifin dan surat Al Insaan, dan Al Qiyamah, dan lafazh Al Ghaizhu, tidak pula pada surat Ar Ra’du dan surat Hud
٥٩-وَالْحَـظُّ لاَ الْحَـضُّ عَـلَـى الطَّعَـامِ * وَفِــي ضَنِـيْـنٍ الْـخِـلاَفُ سَـامِـي
59. Dan lafazh Hazhzhu memakai huruf Zha kecuali jika disandingkan dengan kata At Tha’am, maka dia memakai huruf Dhadh, dan pada lafazh Dhaniin itu ada perselisihan dalam membacanya
٦٠- وَإِنْ تَـلاَقَـيَــا الـبَــيَــانُ لاَزِمُ * أَنْـقَـضَ ظَـهْـرَكَ يَـعَـضُّ الظَّـالِـمُ
60. Dan apabila kedua huruf bertemu antara Dhadh dan Zha, maka wajib dibaca jelas, seperti pada lafazh Angqadha Zhahraka dann Ya’adhuzh Zhalimu
٦١- وَاضْطُـرَّ مَـعْ وَعَظْتَ مَـعْ أَفَضْـتُـمُ * وَصَــفِّ هَــا جِبَاهُـهُـم عَلَـيْـهِـمُ
61. Membaca dengan jelas pada lafazh Udhthurra, Waazhta, Afadhtum, dan bacalah dengan jelas huruf Ha pada lafazh Jibahuhum dan Alaihimu.
باب الميم والنون المشددتين والميم الساكنة
BAB NUN DAN MIM BERRTASYDID DAN MIM SUKUN
٦٢- وأَظْهِـرِ الغُنَّـةَ مِـنْ نُــونٍ وَمِــنْ * مِـيْـمٍ إِذَا مَــا شُــدِّدَا وَأَخْـفِـيَـنْ
62. Dan bacalah dengan jelas Ghunnah dari huruf Nun dan Mim apabila bertasydid, dan bacalah dengan Ikhfa
٦٣- الْمِـيْـمَ إِنْ تَسْـكُـنْ بِغُـنَّـةٍ لَــدَى * بَـاءٍ عَلَـى المُخْتَـارِ مِـنْ أَهْــلِ الأدَا
63. Huruf Mim sukun apabila bertemu huruf Ba dibaca disertai Ghunnah menurut pendapat terpilih di kalangan ulama ahli tajwid
٦٤- وَأظْهِرَنْهَـا عِـنْـدَ بَـاقِـي الاحْـرُفِ * وَاحْـذَرْ لَـدَى وَاوٍ وَفَــا أنْ تَخْتَـفِـي
64. Dan bacalah dengan jelas Mim sukun pada sisa huruf selain Mim dan Ba, Hati-hatilah membaca Ikhfa pada huruf Waw dan Fa
باب حكم التنوين والنون الساكنة
BAB HUKUM TANWIN DAN NUN SUKUN
٦٥- وَحُـكْـمُ تَنْـوِيْـنٍ وَنُـونٍ يُـلْـفَـى * إِظْـهَـارٌ ادْغَــامٌ وَقَـلْـبٌ إخْـفَــا
65. Hukum Tanwin dan Nun adalah : Idzhar, Idgham, Iqlab, Ikhfa
٦٦- فَعِنْـدَ حَـرْفِ الحَلْـقِ أَظْهِـرْ وَادَّغِـمْ * فِـي الـلاَّمِ وَالــرَّا لاَ بِغُـنَّـةٍ لَــزِمْ
66. Pada huruf Halqi dibaca Idzhar, dan di idghamkan pada huruf Lam dan Ra tanpa disertai Ghunnah
٦٧- وَأَدْغِـمَـنْ بِغُـنَّـةٍ فِـي يُـومِــنُ * إِلاَّ بِكِـلْـمَـةٍ كَـدُنْـيَـا عَـنْـوَنُــوا
67. Dan Idghamkanlah disertai Ghunnah pada huruf Ya, Wawu, Mim, Nun, Kecuali dalam Lafazh Dunya dan Anwanuu
٦٨- وَالقَلْـبُ عِـنْـدَ الـبَـا بِغُـنَّـةٍ كَـذَا * لاخْفَـا لَـدَى بَاقِـي الحُـرُوفِ أُخِــذَا
68. Dan Iqlab pada huruf Ba disertai Ghunnah juga, Ikhfa yaitu pada huruf sisa selain yang telah disebutkan sebelumnya
باب المد والقصر
BAB MAD
٦٩- وَالـمَــدُّ لاَزِمٌ وَوَاجِـــبٌ أَتَــى * وَجَـائِـزٌ وَهْــوَ وَقَـصْــرٌ ثَـبَـتَـا
69. Mad itu diantaranya Mad lazim, Mad wajib dan Maad Jaiz dan Qashr itu telah tetap dalam Al-Quran
٧٠- فَـلاَزِمٌ إِنْ جَـاءَ بَعْـدَ حَـرْفِ مَــدْ * سَـاكِـنُ حَالَـيْـنِ وَبِالـطُّـولِ يُـمَـدْ
70. Mad Lazim yaitu jika datang setelah huruf mad, sukun asli dalam dua keadaan (Waqaf dan Washal) dengan bacaan panjang enam harakat
٧١- وَوَاجِــبٌ إنْ جَـاءَ قَـبْـلَ هَـمْـزَةِ * مُـتَّـصِـلاً إِنْ جُـمِـعَـا بِـكِـلْـمَـةِ
71. Dan Mad Wajib jika datang Huruf Mad sebelum Hamzah, bersambung, berkumpul dalam satu kata
٧٢- وَجَـائِــزٌ إِذَا أَتَــى مُـنْـفَـصِـلاَ * أَوْ عَـرَضَ السُّكُـونُ وَقْـفًـا مُسْـجَـلاَ
72. Dan Mad Jaiz yaitu jika datang huruf Mad sebelum Hamzah dalam keadaan terpisah tidak dalam satu kata, dan Mad Aridh yaitu setelah huruf mad bertemu sukun ketika berhenti.
باب معرفة الوقوف
BAB WAQAF DAN IBTIDA
٧٣- وَبَـعْـدَ تَـجْـوِيْـدِكَ لِلْـحُـرُوفِ * لاَبُــدَّ مِــنْ مَعْـرِفَـةِ الْـوُقُــوفِ
73. Setelah mengetahui tajwid dari setiap huruf-huruf, maka selanjutnya untuk dapat mengetahui Waqaf tempat berhentinya bacaan
٧٤- وَالابْـتِــدَاءِ وَهْــيَ تُـقْـسَـمُ إِذَنْ * ثَـلاَثَـةً تَــامٌ وَكَـــافٍ وَحَـسَــنْ
74. Dan mengetahui Ibtida’ tempat memulainya bacaan. Waqaf itu terbagi menjadi tiga: Tamm, Kaafi dan Hasan
٧٥- وَهْـيَ لِمَـا تَـمَّ فَــإنْ لَـمْ يُـوجَـدِ * تَعَـلُـقٌ أَوْ كَــانَ مَعْـنًـى فَابْـتَـدي
75. Yaitu ketika bacaan berhenti pada kalimat yang tidak ada kaitannya secara lafazh maupun makna dengan kalimat sesudahnya, atau ada kaitan secara makna dan tidak ada kaitannya secara lafazh, maka bisa memulai bacaan dari kalimat sesudahnya
٧٦- فَالتَّـامُ فَالْكَـافِـي وَلَفْـظًـا فَامْنَعَـنْ * إِلاَّ رُؤُوسَ الآيِ جَـــوِّزْ فَالْـحَـسَـنْ
76. Maka yang pertama disebut Waqaf Tamm, yang kedua Waqaf Kaafi tidak ada kaitan secara lafadz namun ada kaitan secara makna. Jika berhenti pada kalimat yang ada keterkaitan secara lafazh dengan kalimat sesudahnya, maka jangan memulai dari kalimat yang sesudahnya, kecuali pada awal-awal ayat boleh hukumnya, yang ketiga ini disebut Waqaf Hasan
٧٧- وَغَـيْـرُ مَـا تَـمَّ قَبِـيْـحٌ وَلَــهُ * يُـوْقَـفُ مُضْـطَـرًّا وَيُـبْـدَا قَبْـلَـهُ
77. Jika berhenti pada kalimat yang tidak sempuma maka Waqafnya Qobih tidak baik, Waqaf Qobih ini boleh hanya dalam keaadan terpaksa, dan memulainya dari kalimat sebelumnya
٧٨- وَلَيْسَ فِي الْقُرْآنِ مِـنْ وَقْـفٍ وَجَـبَ * وَلاَ حَـرَامٌ غَيْـرَ مَــا لَــهُ سَـبَـبْ
78. Karena tidak ada dalam Al-Quran waqaf yang wajib dan tidak juga waqaf yang haram tanpa memiliki sebab.
باب المقطوع والموصول
BAB MAQTU DAN MAUSHUL
٧٩- وَاعْـرِفْ لِمَقْطُـوعٍ وَمَوْصُـولٍ وَتَـا * فِـي مُصْحَـفِ الإِمَـامِ فِيمَـا قَـدْ أَتَـى
79. Ketahuilah tentang Maqthu’ lafazh yang dipisah dan Maushul lafazh yang disambung dan Ta Ta’nits yang terdapat dalam Mushaf Utsmani
٨٠- فَاقْطَـعْ بِـعَـشْـرِ كَـلِـمَـاتٍ أنْ لا * مَـــعْ مَـلْـجَــأَ وَلاَ إِلَــــهَ إِلاَّ
80. Maka pisahkanlah sepuluh lafazh An dan Laa, pertama: dengan Malja’a, kedua: dengan Laa ilaaha illa
٨١- وَتَعْـبُـدُوا يَاسِـيـنَ ثَانِـي هُـودَ لاَ * يُشْرِكْـنَ تُشْـرِكْ يَدْخُلْـنَ تَعْلُـوا عَلَـى
81. Ketiga: Ta’buduu dalam surat Yasin, keempat: Ta’buduu dalam surat Hud, kelima: Yusyrikna, keenam: Tusyrik, ketujuh: Yadkhulna, kedelapan: Ta’luu ‘alaa
٨٢- أَنْ لا يَقُـولُـوا لاَ أَقُـــولَ إِنْ مَــا* بِالرَّعْـدِ وَالمَفْتُـوحَ صِـلْ وَعَـنْ مَــا
82. Kesembilan: Laa Yaquuluu dan kesepulu : Laa Aquula. Pisahkanlah In dan Maa dalam surat Ar Ra’du, Dan sambungkanlah Hamzah Fathah dengan Maa (amma), pisahkanlah lafazh ‘an dan maa …
٨٣- نُهُوا اقْطَعُـوا مِـنْ مَـا بِرُومٍ وَالنِّسَـا * خُـلْـفُ الـمُنَافِقِـيـنَ أَمْ مَــنْ أَسَّـسَـا
83. …ketika bertemu dengan lafazh Nuhuu, dan pisahkanlah lafazh Mim dan Maa dalam surat Ar Ruum, dan surat An Nisaa, namun pada surat Al Munafiquun ada perbedaan pendapat. Dan Pisahkanlah lafazh Am Man pada lafazh Assasaa …
٨٤- فُصِّلَـتِ النِّسَـا وَذِبْـحٍ حَـيْـثُ مَـا * وَأَنْ لَـمِ الـمَفْـتُـوحَ كَـسْـرُ إِنَّ مَــا
84…. juga terdapat dalam surat Fushilat, An Nisaa, dan Ash Shaffat. Dan pisahkan lafazh Haitsu dan Maa, pisahkan pula lafazh An dan Lam, Inna Ma
٨٥- الانْعَـامَ وَالمَفْـتُـوحَ يَدْعُـونَ مَـعَـا * وَخُـلْـفُ الانْـفَـالِ وَنَـحْـلٍ وَقَـعَـا
85. …terdapat pada surat Al An’am, dan pisahkan ketika bertemu lafazh Ya’uuna, namun ada perbedaan pendapat pada surat Al Anfal, dan An Nahl
٨٦- وَكُـلُّ مَـا سَـأَلْتُـمُـوهُ وَاخْـتُـلِـفْ * رُدُّوا كَذَا قُـلْ بِئْسَمَـا وَالْوَصْـلَ صِـفْ
86. Dan pisahkanlah pada lafazh Kullu dan Maa ketika bertemu lafazh Saaltumuuhu. Dan terjadi perbedaan pendapat ketika bertemu dengan lafazh Rudduu, begitu pula dengan lafazh Bi’samaa, namun sambungkanlah lafazh Bi’samaa ketika bertemu …
٨٧- خَلَفْتُمُونِي وَاشْتَـرَوْا فِـي مَـا اقْطَعَـا * أُوحِـيْ أَفَضْتُـمُ اشْتَهَـتْ يَبْلُـوا مَـعَـا
87. Khalaftumuuni, Isytaraw. Dan pisahkanlah lafazh Fii dan Maa ketika bertemu lafazh Uuhii, Afadhtum, Isytahat, Yabluu
٨٨- ثَـانِـي فَعَـلْـنَ وَقَـعَـتْ رُومٍ كِـلاَ * تَنْزِيْـلُ شُعَـرَا وَغَـيْـرَ ذِي صِــلاَ
88. Yang kedua lafazh Fa’alnaa dalamsurat Al Waqiah, Ar Ruum, Az Zumar. Dan selain yang disebutkan sambungkanlah
٨٩- فَأَيْنَمَـا كَالنَّـحْـلِ صِـلْ وَ مُخْتَـلِـفْ * فِي الشُّعَرَا الأَحْـزَابِ وَالنِّسَـا وُصِـفْ
89. Dan sambungkanlah pada lafazh Ainamaa pada surat An Nahl, namun ada perbedaan pendapat dalam surat Asy Syuaraa, Al Ahzab, An Nisaa
٩٠- وَصِـلْ فَإِلَّـمْ هُـودَ أَلَّــنْ نَجْـعَـلاَ * نَجْمَـعَ كَيْـلاَ تَحْزَنُـوا تَأْسَـوْا عَـلَـى
90. Dan sambungkanlah lafazh In dan Lam menjadi Illam dalam surat Hud, juga An dan Lan menjadi Allan ketika bertemu dengan lafazh Naj’ala dan Najma’a, dan sambungkanlah lafazh Kay dan Laa menjadi Kaylaa ketika bertemu lafazh Tahzanuu dan Ta’sau ‘alaa
٩١- حَــجٌّ عَلَـيْـكَ حَـرَجٌ وَقَطْـعُـهُـمْ * عَنْ مَـنْ يَشَـاءُ مَـنْ تَوَلَّـى يَـوْمَ هُـمْ
91. Dan dalam surat Al Hajj pada lafazh ‘Alaika harajun, dan pisahkanlah lafazh ‘An dan Man ketika bertemu dengan lafazh Yasyaa’u dan Tawalla. Dan pisahkanlah lafazh Yauma Hum
٩٢- ومَــالِ هَــذَا وَالَّـذِيــنَ هَــؤُلاَ * تَحِيـنَ فِـي الإمَـامِ صِـلْ وَوُهِّــلاَ
92. Dan pisahkanlah Maa dan Li ketika bertemu dengan lafazh Hadza, Alladziina dan Haaulaa. Menyambung Ta dan Hiina dalam Mushaf Utsmani, apakah disambung atau dipisah terjadi kebimbangan,
٩٣- وَوَزَنُـوهُــمُ وَكَـالُـوهُـمْ صِــلْ * كَـذَا مِـنَ الْ وَيَـا وَهَـا لاَ تَفْـصِـلْ
93. Pada lafazh Wazanuu Hum, Wakaaluu Hum merupakan Maushul, Pada lafazh Al (Ta’rif), Yaa (Nidaa), Haa (Tanbih) jangan dipisah.
باب التاءات
BAB HURUF TA
٩٤- وَرَحْمَـتُ الـزُّخْـرُفِ بِالـتَّـا زَبَـرَهْ * الاعْـرَافِ رُومٍ هُـودِ كَــافِ الْبَـقَـرَهْ
94. Dan Lafazh Rahmatu dengan Ta Maftuhah terdapat pada surat Az Zukhruf, Al A’raf, Ar Ruum, Hud, Maryam dan Al Baqarah
٩٥- نِعْمَتُـهَـا ثَـلاثُ نَـحْـلٍ إبْـرَهَــمْ * مَعًـا أَخِيْـرَاتٌ عُقُـودُ الـثَّـانِ هَــمّ
95. Ni’matuhaa dengan Ta Maftuhah, terdapat tiga tempat dalam surat An Nahl, dalam surat Ibrahim, juga terdapat dalam surat Al Maidah yang bersanding dengan lafazh Ham
٩٦- لُقْـمَـانُ ثُـمَّ فَـاطِــرٌ كَـالـطُّـورِ * عِـمْـرَانَ لَعْـنَـتَ بِـهَـا وَالـنُّــورِ
96. Terdapat juga dalam surat Luqman, Fathir, At Thuur. Lafazh La’nata dengan Ta Maftuhah pada surat Ali Imran dan An Nuur
٩٧- وَامْـرَأَتٌ يُوسُـفَ عِمْـرَانَ الْقَصَـصْ * تَحْرِيْـمُ مَعْصِيَـتْ بِقَـدْ سَمِـعْ يُخَـصْ
97. Dan lafazh Imra’atun dengan Ta Maftuhah terdapat dalam surat Yusuf, Ali Imran, Al Qashash, dan At Tahrim, Lafazh Ma’shiyat dengan Ta Maftuhah hanya terdapat dalam surat Al Mujadalah
٩٨- شَـجَـرَتُ الدُّخَـانِ سُـنَّـتْ فَـاطِـرِ * كُــلاً وَالانْـفَـالِ وَحَــرْفَ غَـافِـرِ
98. Lafazh Syajarata dengan Ta Maftuhah pada surat Ad Dukhan, lafazh Sunnat dalam surat Al Faathir, surat Al Anfaal dan akhir surat Ghafir (Al Mu’min)
٩٩- قُـرَّتُ عَيْـنٍ جَـنَّـتٌ فِـي وَقَـعَـتْ * فِطْـرَتْ بَقِـيَّـتْ وَابْـنَـتٌ وَكَلِـمَـتْ
99. Lafazh Qurratu ‘ainin dengan Ta Maftuhah pada surat Al Qashash, lafazh Jannatun dalam surat Al Waqiah, lafazh Fitrat, Baqiyat, Ibnatun, dan Kalimat…
١٠٠- أَوْسَـطَ الاعْـرَافِ وَكُلُّ مَـا اخْتُلِـفْ * جَمْعًـا وَفَـرْدًا فِيْـهِ بِالـتَّـاءِ عُــرِفْ
100…. pada pertengahan Al ‘Araf. Dan selainnya ada perbedaan pendapat, dalam bentuk Jama’ dan Mufrad yang terdapat Ta Maftuhah yang telah diketahui.
باب همز الوصل
BAB HAMZAH WASHAL
١٠١- وَابْدَأْ بِـهَمْزِ الْوَصْـلِ مِـنْ فِعْـلٍ بِضَـمّ * إنْ كَـانَ ثَالِـثٌ مِـنَ الفِـعْـلِ يُـضَـمّ
102. Dan kasrahkanlah Hamzah Washal pada Fiil yang huruf ketiganya Kasrah atau Fathah. Dan kasrahkanlah Hamzah Washal pada Isim yang tidak diawali Al Ta’rif
١٠٢- وَاكْسِرْهُ حَـالَ الْكَسْـرِ وَالْفَتْـحِ وَفِـي * الاسْـمَـاءِ غَيْـرَ الـلاَّمِ كَسْرُهَـا وَفِــي
101. Mulailah dengan mendhamahkan Hamzah Washal pada Fi’il yang huruf ketiganya dhammah
١٠٣- ابْـنٍ مَـعَ ابْـنَـةِ امْـرِئٍ وَاثْنَـيْـنِ * وَامْــرَأَةٍ وَاسْــمٍ مَـــعَ اثْنَـتَـيْـنِ
103. Seperti lafazh: Ibnin, Ibnatin, Imriin, Itsnaini, Imra’atin, Ismin, dan Itsnataini.
باب الوقف على أواخر الكلم
BAB BERHENTI Dl AKHIR KALIMAT
١٠٤- وَحَـاذِرِ الْـوَقْـفَ بِـكُـلِّ الحَـرَكَـهْ * إِلاَّ إِذَا رُمْــتَ فَـبَـعْـضُ حَـرَكَــهْ
104. Hindarilah waqaf dengan menyisakan bunyi harakat terakhir, kecuali anda membaca Waqaf Ruum, membacanya dengan setengah harakat
١٠٥- إِلاَّ بِـفَـتْـحٍ أَوْ بِـنَـصْـبٍ وَأَشِــمّ * إِشَـارَةً بِالضَّـمِّ فِـي رَفْــعٍ وَضَــمّ
105. Kecuali dalam keadaan Fathah atau Nashab, dan bacalah Waqaf Isymam dengan isyarat memonyongkan kedua bibir dalam keadaan Rafa’ atau Dhammah
الخاتمة
PENUTUP
١٠٦- وَقَـدْ تَّـقَـضَّـى نَظْـمِـيَ الـمُقَـدِّمَـهْ * مِـنِّـي لِـقَـارِئِ الـقُـرْآنِ تَـقْـدِمَـهْ
106. Dan telah selesailah Nazham Muqaddimah ini, yang saya susun sebagai hadiah untuk para pembaca Al-Quran
١٠٧- أَبْيَاتُهَـا قَــافٌ وَزَاىٌ فِـي الْـعَـدَدْ * مَـنْ يُحْسِـنِ التَّجْوِيـدَ يَظْفَـرْ بِالرَّشَـدْ
107. Jumlah baitnya ada seratus tujuh, siapa yang membaguskan bacaan Al-Quran dengan tajwid, maka ia akan memperoleh petunjuk
١٠٨- وَالـحَـمْـدُ للهِ لَـهَـا خِــتَــامُ * ثُــمَّ الـصَّـلاَةُ بَـعْــدُ وَالـسَّــلاَمُ
108. Segala puji bagi Allah, atas rahmatnya selesailah Nazham ini, kemudian Shalawat dan Salaam…
١٠٩- عَـلَـى النَّـبِـيِّ الـمُصْطَـفَـى وَآلِـهِ * وَصَـحْـبِـهِ وتَـابِـعِـي مِـنْـوَالِــهِ
109. Senantiasa tercurah kepada Nabi pilihan-Nya, para keluarganya, para sahabatnya, para Tabiin dan semua orang yang mengikuti petunjuknya.